Sudah Bisa, Takut Bertanya, atau Bingung Mau Nanyain Apa?

16 May 2013

Beberapa waktu yang lalu, dalam sebuah mata kuliah dosen saya membuka sesi tanya jawab dalam waktu yang cukup panjang. Sayangnya, hanya beberapa saja dari mahasiswa yang bertanya. Hingga Sang Dosen kehabisan pertanyaan untuk dijawab.

“Ayo tanyakan apa saja yang kalian tidak bisa! Selama saya bisa jawab, akan berusaha saya jawab”, ujar Dosen itu berulang-ulang.

Namun, tidak kunjung ada respon. Entah karena sudah bisa, malu, atau justru bingung apa yang mau ditanyakan.

Beberapa saat kemudian, secara spontan saya menanyakan sesuatu yang mungkin dianggap sepele bagi kebanyakan teman. Waktu itu di mata kuliah yang lain kami mendapat tugas final project untuk membuat sebuah aplikasi. Kelompok saya mendapat bagian membuat Sistem Informasi Hotel.

Karena saya belum mempunyai gambaran yang jelas untuk membuat aplikasi ini, saya pun bertanya kepada seorang dosen. “Pak, kira-kira rancangan database Sistem Informasi Hotel itu bagaimana ya?”

Spontan pertanyaan itu mendapat respon dari beberapa teman. Kurang lebih demikian nada respon mereka:
“Waaah, itu kan buat tugas”
“Wooo… nanyain tugas PBD”
“Itu tugas buat kelompokmu ya…”

Waktu itu yang ada dalam benak saya, “Wah, apa ga boleh nanyain ini? Wong aku beneran belum bisa lho!”

Bagi seorang yang pandai, mungkin pertanyaan ini terlalu polos, sangat dasar, karena materinya sudah dibahas di awal pertemuan dulu.

Tapi, kalau memang masih bingung, pikirku ga masalah juga nanyain ginian.

- - -

Kemudian, dosen saya mulai menjawab pertanyaan saya tersebut. Ketika Sang Dosen menunjukan sebuah situs sumber rujukan pembuatan database, teman-teman mendadak antusias.

Rupanya, mereka juga masih bingung dengan tugas di kelompoknya masing-masing. Ketika pertanyaan saya sudah terjawab, beberapa dari mereka ganti menyeletuk, “Pak, kalau database Koperasi bagaimana?”, “Pak, kalau database Kepegawaian?”, “Database Apotik bagaimana Pak?”

Akhirnya, dari sebuah pertanyaan saya yang sangat dasar itu, kesulitan-kesulitan yang ada di kelompok lain pun bisa terselesaikan.

- - -


TAGS pentingnya bertanya cara bertanya yang efektif pertanyaan dasar kuliah basis data rancangan basis data


-

Author

Follow Me