Menjalani Operasi Gigi Miring

2 Dec 2012

Setelah beberapa hari mencari pinjaman biaya, akhirnya pada hari Selasa (20/11/2012) Ibu memutuskan untuk menjual 3 buah mesin bordir kesayangannya.

Setelah mendapatkan uang, kami langsung berangkat ke RSUD Kediri (Pare) untuk menjalani operasi.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya tiba giliran saya untuk diperiksa. Setelah mendapat beberapa penjelasan singkat, saya mulai duduk di kursi pasien. Beberapa perlengkapan dan obat mereka keluarkan.

Ada sekitar 4 orang di ruangan itu, tapi hanya 2-3 orang medis yang terlibat dalam operasi ini, termasuk dokter spesialis bedah.

Di awali dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohim, operasi itu pun dimulai. Setelah jarum suntik mulai ditusukkan ke gusi, aku pun memejamkan mata agar tidak terlalu tegang. Entah apa yang mereka lakukan pada kedua gigiku, yang aku tahu hanya bunyi suara desingan menggerus permukaan gigiku beberapa kali hingga gigi itu berhasil dicabut.

Dokter itu mengatakan bahwa mereka melakukan semacam pembukaan tulang untuk mengangkat gigi yang miring. Sekitar 1 jam, operasi gigi miring itu pun selesai dilakukan.

Total biaya yang diperlukan dalam operasi ini adalah 1,5 juta. Seumur hidup, ini biaya termahal yang pernah kami keluarkan untuk sebuah kesehatan.

3-4 hari pasca operasi gusiku mengalami pembengkakan normal. Setelah 1 minggu, jahitan bisa dicabut. Bekas tulang gusi yang masih terbuka akan menutup secara alami dalam jangka waktu sekitar 1 Bulan. Akhirnya aku kembali ke Yogyakarta untuk memulai kuliah yang sempat aku tinggalkan selama selama 14 hari ini.

Semoga dari semua kejadian ini ada hikmah yang bisa diambil manfaatnya.


TAGS RSUD Kediri Biaya Operasi Kesehatan RSUD Pare


-

Author

Follow Me