Hasil Diagnosa Mereka Tetap Menganjurkan Untuk Operasi

24 Nov 2012

Sebelumnya saya sudah menceritakan tentangDislokasi Engsel, Engsel Mulut Berbunyi Saat Mengunyah. Kali ini sendi engsel itu sudah tidak berbunyi saat mengunyah, namun justru terasa sakit saat mebuka mulut. Justru ini cukup mengganggu setiap kali saya makan.

Dokter dari RSGM sudah mendiagnosa bahwa penyebabnya adalah 2 gigi geraham saya yang tumbuh miring. Namun, atas saran dari teman, saya tidak begitu saja percaya pada diagnosa seorang dokter saja. Karena ada kemungkinan diagnosa dokter satu dengan lainnya bisa berbeda.

Kemudian, hari Senin (12/11/2012) saya memutuskan untuk mencoba periksa ke Puskesmas terdekat.

Setelah bertemu dengan dokter gigi di Puskesmas tersebut, saya memberikan hasil foto rontgen dari RSGM. Ternyata diagnosanya juga sama, kedua gigi yang miring itu harus segera dicabut.

Sayangnya, dokter di Puskesmas tersebut tidak bersedia untuk melakukan operasi pencabutan gigi geraham seperti ini. Beliau menganjurkan saya untuk ke Spesialis Bedah Mulut. Karena kasus semacam ini perlu penanganan yang lebih serius.

Setelah menerima penjelasan tersebut, maka saya pun memutuskan untuk pulang ke Nganjuk pada keesokan harinya. Ini saya lakukan karena kondisinya saya benar-benar tidak ada biaya untuk operasi.

Sampai di kampung halaman, esoknya, hari Rabu (14/11/2012) saya mencoba untuk periksa ke RSUD terdekat. Lagi-lagi dokter memberikan diagnosa yang sama. Karena di RSUD tersebut tidak ada Spesialis Bedah Mulut, saya pun dirujuk untuk operasi ke RSUD Kediri (Pare).

Untuk menjalani operasi pencabutan geraham bungsu tersebut saya harus bisa membuka mulut secara maksimal. Sementara engsel saya terasa nyeri saat digunakan untuk membuka mulut. Maka sebelumnya saya diberikan obat anti radang dan sedikit terapi.

Sekitar 3 hari kemudian, rasa nyeri di engsel saya mulai berkurang. Dan ini saatnya saya bersiap untuk operasi pencabutan geraham bungsu.

Lalu yang perlu dipikirkan sekarang adalah, darimana saya mendapatkan biaya? Sementara kondisi ekonomi orang tua juga lagi pas-pas an.

Sedangkan untuk mengurus Jamkesmas/Jamkesda di daerah saya sangat sulit. Jika ingin berhasil, Anda harus dekat dengan para pejabat. Bahkan, saudara saya yang lebih miskin pun tak berhasil mendapatkan kompensasi itu ketika ia mengalami kecelakaan.


TAGS dokter gigi spesialis bedah mulut operasi gigi miring sakit rahang diagnosa dokter


-

Author

Follow Me