Andai Aku Menjadi Ketua KPK

9 Nov 2012

Setelah mengetahui bahwa KPK mengadakan kompetisi bertajuk “Andai Aku Menjadi Ketua KPK”, tiba-tiba terbersit dalam benak saya untuk menuliskan beberapa pemikiran saya tentang pemberantasan korupsi melalui Blog ini.

Sebenarnya persoalan korupsi bukanlah persoalan yang rahasia. Saat ini berbagai kasus korupsi sudah banyak kita jumpai disekitar kita. Dari level Nasional hingga Daerah. Secara personal maupun berkelompok.

Jika dikaitkan dengan tema ‘Andai Aku Menjadi Ketua KPK” dalam upaya pemberantasan korupsi, saya akan berpikir sederhana saja. Pertama, dimulai dari kedisiplinan diri sendiri untuk menjadi contoh terhadap seluruh staff di KPK. Mulai dari ketepatan waktu dalam bekerja, hingga transparansi dalam setiap aktifitas yang kita lakukan.

Ketua KPK juga harus bebas dari segala kepentingan & memiliki track record yang bersih. Fokus kepada upaya-upaya konkret dalam menyelesaikan segala kasus korupsi.

Andai aku menjadi ketua KPK, setiap kasus yang ditangani harus saya kawal sampai tuntas. Jangan dibiarkan berhenti ditengah jalan hanya gara-gara tidak ada perhatian dari masyarakat maupun media. Bekerja bukan karena untuk diliput atau dihargai masyarkat, melainkan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai ketua KPK.

Yang pasti, ketua KPK juga harus terjun langsung ke lapangan untuk melihat dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Jangan hanya duduk di kantor dan memeriksa berkas-berkas kasus yang datang.


TAGS KPK ketua KPK pemberantasan korupsi turun ke lapangan


-

Author

Follow Me