Dislokasi Engsel, Engsel Mulut Berbunyi Saat Mengunyah

8 Nov 2012

Sepertinya ini adalah pengalaman baru yang saya alami mengenai kesehatan mulut dan gigi. Ceritanya, sejak lebaran Idul Fitri kemarin rahang sebelah kanan saya berbunyi ‘klutuk2′ saat mengunyah. Awalnya saya biarkan beberapa waktu barangkali bisa bener sendiri. Ternyata hingga sebulan lebih masih belum sembuh juga.

Lalu, beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk memeriksakannya di klinik gigi kampus. Setelah diperiksa, dokter menyarankan untuk langsung dirujuk ke RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) saja. Karena di klinik kampus tidak ada dokter yang bisa menangani masalah seperti ini.

Esoknya (7/11/12) saya bersama seorang teman langsung menuju ke RSGM Prof. Soedomo. Setelah mendaftar, tidak terlalu lama saya dipersilahkan masuk dan diperiksa oleh seorang dokter. Setelah mendengar keluhan yang saya sampaikan, dokter tersebut sukses membuat saya ‘galau mendadak’.

“Mas, kalau ini nanti mahal gimana?”, kata dokter.

“Wah, kalau bisa jangan yang mahal-mahal Pak”, jawabku polos.

“Ga bisa Mas, ini nanti harus ada terapi nya, nanti Masnya akan dipasang…. blablablabla”, jelas dokter tersebut.

“Waduh, terus itu biayanya sekitar berapa Pak?”, tanyaku.

“Emmm… ya kira-kira 2,5 juta”, jawab dokter itu.

#jlebb “Wah, cuma masalah kayak gini sampai semahal itu?!”, jawabku mulai lemas.

“Iya Mas, memang segitu untuk terapinya,” kata dokter.

#Dalam hati aku berpikir, duh, ini kok jadi kayak transaksi bisnis aja ya… mana uang buat bayar kos aja belum terkumpul udah harus terapi semahal itu :(

Lalu dokter itu memberikan rujukan kepada saya untuk foto rontgen. Setelah hasilnya keluar, saya bawa kembali ke dokter tersebut. Kali ini diagnosanya agak berubah. Setelah melihat gigi geraham yang paling kanan dan paling kiri saya tumbuhnya miring, dokter itu mengatakan bahwa kedua gigi yang miring itu harus dicabut.

#jlebb lagi.

“Gini aja Mas, nanti lebih jelasnya biar diperiksa langsung sama dokter spesialisnya saja”, kata dokter tersebut.

Saya pasrah saja waktu itu. Setelah bertemu dengan dokter spesialis, ia langsung menjelaskan bahwa gigi geraham yang miring itu sudah tumbuh sejak saya masih kecil. Melihat ukurannya yang cukup besar, ia perkirakan sudah ada 11 tahun yang lalu gigi itu tumbuh (kalau memang benar, berarti sejak umur 8 tahun).

Setelah menerima penjelasan panjang lebar, intinya dokter spesialis tersebut mengharuskan kedua gigi geraham (kanan dan kiri) itu untuk dicabut. Itu berarti saya harus dioperasi. Dan itu berarti juga, butuh biaya yang tidak sedikit. Untuk 1 buah gigi di rumah sakit tersebut memerlukan biaya sekitar 300-750rb (tergantung kelasnya). Jadi, total biaya yang saya butuhkan untuk mengikuti anjuran dokter itu kira-kira 1 juta an.

Astaghfirulloh, apakah semahal itu harga yang harus saya bayar untuk sebuah engsel yang berbunyi ‘klutuk2′? Apakah saya juga harus kehilangan 2 geraham kanan dan kiri saya?

#to be continued


TAGS Dislokasi Engsel RSGM Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gigi Geraham


-

Author

Follow Me