Pekerjaan Sempat Terganggu Karena Koneksi Internet yang ‘Galau’

7 Oct 2012

Sejak awal September aku kembali ke perantauan di Kota Jogja. Setelah 2 bulan lebih menikmati koneksi ‘non kuota’ di rumah menggunakan Sp**dy, nampaknya kini aku perlu beradaptasi kembali menggunakan modem GSM.

Pada semester lalu, selama 6 bulan berturut-turut aku sangat nyaman dengan koneksi dari *L. Mereka memberikan paket internet unlimited 3 bulan, dan aku hanya perlu membayar 79 ribu untuk membeli paket itu.

Namun, ketika aku kembali ke Jogja di bulan September, ternyata paket itu sudah habis. Semua counter yang kutemui mengatakan bahwa *L sudah menghentikan paket 3 bulan itu dan menggantinya dengan paket baru. Yaitu paket limited 1.2 GB seharga 49 ribu.

Daripada lama-lama bingung, akhirnya aku memutuskan untuk membeli paket baru tersebut. Karena di kost ku sudah terbukti bahwa jaringan *L masih lancar dan cepat.

Namun, pengeluaranku terasa membengkak ketika paket 1.2 GB itu habis hanya dalam waktu 1 minggu. Kuota 1.2 GB memang bukan jumlah yang besar untuk orang-orang yang ‘mencari penghidupan’ dari dunia online sepertiku.

Akupun memutuskan untuk mencoba beberapa operator lain. Namun hasilnya, speed yang didapatkan masih belum mencukupi kebutuhan. Di awal memang cepat, namun beberapa hari kemudian menjadi sangat lambat. Ini membuat kerjaku tak kunjung selesai dan sangat menyita waktu.

Akhirnya setelah beberapa waktu pekerjaan sempat terganggu karena koneksi internet yang ‘galau’, kini aku memutuskan untuk menggunakan provider ESI*. Alhamdulillah setelah seminggu menikmati koneksinya, pekerjaan pun kembali lancar dan dapat diselesaikan dengan optimal.

Dari pengalaman ini mungkin bisa diambil beberapa pelajaran untuk teman-teman yang menggunakan koneksi sejenis dengan saya. Diantaranya adalah:

  • Anda bisa meminjam terlebih dahulu modem & kartu perdana milik teman untuk dicoba di tempat tinggal Anda. Karena beda wilayah, beda pula kondisi koneksinya. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor sinyal maupun kepadatan pengguna di daerah tersebut.
  • Sesuaikan paket internet yang Anda gunakan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan koneksi untuk mendownload file dalam ukuran besar, sebaiknya gunakanlah paket Unlimited.
  • Gunakan pikiran dan hati yang jernih untuk memilih provider maupun paket internet. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Baru ambil keputusan.

CMIIW^^


TAGS modem koneksi internet memilih provider memilih paket internet


-

Author

Follow Me